Bedanya Gathering dan Outing yang Jarang Diketahui |
GATHERING BANDUNG -- Sebagian orang mungkin masih ada yang bingung tentang perbedaan antara gathering dan outing. Maka kali ini kami akan jelaskan tentang perbedaan di antara keduanya.
Seperti diketahui, banyak perusahaan atau instansi yang terkesan justru seperti menghamburkan uang untuk sekedar bersenang-senang dengan mengadakan kegiatan gathering maupun outing.
Namun sekarang ini justru apa yang dilakukan oleh banyak perusahaan itu menjadi tren, yaitu dengan melakukan kegiatan gathering maupun outing. Nama yang mereka gunakan pun bermacam-macam. Ada nama company gathering, family gathering, corparate gathering, media gathering, dan semacamnya.
Tentu pemilihan nama gathering tersebut adalah untuk mencapai tujuan tertentu. Maka wajar bila perusahaan dalam setahun sekali mengadakan kegiatan gathering maupun outing kantor. Ini hal yang sudah umum dilakukan oleh kebanyakan perusahaan atau instansi.
Ada kegiatan gathering perusahaan dengan melibatkan keluarga karyawannya, sehingga disebutlah family gathering. Ada juga yang hanya diikuti oleh karyawan itu sendiri, baik satu perusahaan maupun per divisi.
Adapun manfaat menyelenggarakan gathering maupun outing bagi sebuah perusahaan atau instansi tentu ada. Namun pertanyaannya, apakah sepadan dengan biaya yang dikeluarkan? Tentu sepadan, jika melihat bentuk kegiatan dan program yang diselenggarakan untuk mereka.
Kegiatan gathering umumnya diisi dengan berbagai program kegiatan yang sifatnya edukatif, meningkatkan kekompakan dan memuat unsur mengatasi masalah.
Sehingga dengan mengikutinya, maka peserta yang merupakan karyawan kantor akan semakin terasah dalam mengelola berbagai persoalan yang datang.
1. Perbedaan Gathering dan Outing
Arti gathering atau outing sejatinya tidak berbeda alias sama. Kedua istilah ini dapat didefinisikan sebagai suatu kegiatan kumpul bersama yang ditujukan bagi perusahaan (employee gathering) atau keluarga (family gathering) yang dikemas dalam acara rekreasi.
Acara rekreasi ini dilakukan dalam suasana yang menyenangkan dan disisipkan dengan beberapa bentuk games seperti outbound, paintball, rafting, dan lainnya, sesuai kegiatan program wisata yang bertujuan untuk membangun keakraban, kebersamaan antar individu.
2. Manfaat Gathering atau Outing
2.1. Sebagai sarana refreshing
Perusahaan atau instansi dengan tingkat tekanan tinggi, persaingan yang makin ketat, tuntutan pelayanan maksimal kepada masyarakat, proses produksi yang cepat tanpa henti membuat karyawan berada dalam tekanan atau tingkat stress yang tinggi pula.
Untuk itu banyak perusahaan atau isntansi dengan karyawan skala kecil maupun banyak memerlukan kegiatan gathering ini.
2.2. Membentuk team work yang solid
Didalam sebuah perusahaan atau instansi biasanya melakukan restrukturisasi (promosi / mutasi jabatan, pensiun, karyawan pindah kerja, dll) sehingga lingkungan kerja yang sebelumnya sudah berjalan kondusif pastinya memerlukan team work baru yang solid. Bila sudah demikian maka kegiatan gathering atau outing perlu untuk di lakukan.
2.3. Mempererat hubungan antar karyawan
Pimpinan yang jeli bisa melihat ketidakharmonisan hubungan relasi dalam kantor. Bisa jadi itu tidak berbentuk konflik, tapi sekadar pengelompokan antar karyawan. Agar kondisi ini tidak memperburuk efisiensi & efektifitas kerja maka perusahaan perlu memecah lingkaran-lingkaran ini sehingga terjalin relasi baru yang lebih terbuka antar karyawan.
2.4. Memperbaiki konflik dan friksi
Hampir tidak ada perusahaan atau instansi yang steril dari konflik dan friksi. Kompetisi yang tinggi, kesenjangan penghasilan, dll yang salah satu solusinya bisa melakukan kegiatan gathering atau outing ini.
3. Tujuan Gathering atau Outing
3.1. Membentuk kebersamaan
Tujuan utama dalam mengadakan gathering adalah untuk membentuk kebersamaan (team work). Jika rasa kebersamaan sudah tertanam di masing – masing individu maka akan ada rasa tanggung jawab, kepedulian, rasa setia kawan, saling membantu, problem solving dll.
3.2. Membentuk team building
Tujuan kedua adalah membentuk tim yang solid. Semua anggota yang telah mengikuti kegiatan gathering untuk terus sadar dan mengetahui bahwa mereka adalah bagian dari tim.
3.3. Peningkatan Kinerja, Penjualan, dan Pelayanan Secara maksimal
Adanya peningkatan kinerja dengan harapan akan adanya pula peningkatan penjualan barang pada perusahaan atau instansi dan juga pelayanan yang lebih baik lagi. []