Cukul Pangalengan, Wisata Tersembunyi di Bandung Selatan

 Cukul Pangalengan, Wisata Tersembunyi di Bandung Selatan. (foto: youtube Adi Wijoyo)

WISATA BANDUNG -- Sebagian orang yang sering ke Bandung mungkin bosan berwisata ke mall atau ke tempat-tempat wisata yang dekat dengan perkotaan. Maka tak salah jika kamu memutuskan pergi wisata ke tempat yang agak lebih jauh, yaitu ke ujung Bandung selatan.


Nah ternyata ada satu tempat yang menarik dan jauh dari kebisingan kota. Letaknya ada di ujung Bandung selatan.


Wisata Alam Cukul Pangalengan

Rahasia dan keindahan Bandung mungkin tidak pernah habis untuk diungkap. Di antara kebisingan kota dan pusat perbelanjaan modern, terselip sebuah surga tersembunyi yang belum banyak terjamah oleh para pelancong.


Tempat ini mungkin belum begitu populer, tetapi menawarkan pengalaman yang autentik dan memukau bagi mereka yang bersedia menjelajah lebih jauh.


Langkah pertama untuk menemukan keindahan tersembunyi ini adalah melangkah keluar dari wilayah pusat kota yang ramai. Jauh dari hiruk-pikuk lalu lintas dan gedung pencakar langit, sebuah oase kedamaian dan keaslian menanti.


Tempat ini bukan hanya destinasi liburan biasa; ini adalah perjalanan menuju penemuan diri melalui keindahan alam dan budaya yang masih terjaga.


Ya, nama tempat tersebut adalah Cukul Pangalengan, atau yang lebih dikenal dengan Sunrise Point Cukul. Namun orang-orang lebih banyak yang menyebutnya dengan Cukup Pangalengan.


Lokasi Cukul Pangalengan

Cukul Pangalengan atau Sunrise Point Cukul ada di Jalan Cukul, Sukaluyu, Kecamatan Pangalengan, Bandung, Jawa Barat.

Jadi bagi kamu yang ingin berwisata bersama teman atau kerabat, silakan buka HP dan tuliskan alamat tersebut di HP kamu. Pasti sampai.


Apa yang Bisa Dilakukan di Cukul Pangalengan?

Terletak di perbukitan Pangalengan yang memesona, tempat ini merupakan paduan harmonis antara keasrian alam dan tantangan petualangan. Di sini, Anda dapat menemukan trekking yang menantang dengan pemandangan alam yang luar biasa.


Setiap langkah yang diambil di Cukul Pangalengan memberikan pengalaman yang tak terlupakan. Rimbunnya pepohonan hijau menyajikan kesejukan dan keteduhan selama perjalanan.


Suara gemericik air sungai yang mengalir deras menemani perjalanan Anda. Ketika sampai di puncak, kelelahan perlahan sirna menggantikan rasa kagum akan panorama alam yang memukau. Pemandangan dari ketinggian ini membius mata dan melahirkan perasaan syukur akan keindahan alam yang masih utuh.


Di Cukul Pangalengan, kamu bisa melihat detik-detik terbitnya matahari atau sunrise. Kamu bisa melihat terbitnya matahari dari sana karena letak Cukul Pangalengan ada di dataran tinggi, yaitu 1.600 meter di atas permukaan laut (MDPL).


Kamu bisa bermalam di area camping di Cukul Pangalengan. Bisa dengan memakai tenda sendiri yang kamu bawa, atau menyewa tenda kepada jasa penyediaan sewa tenda di sekitar Cukul Pangalengan.


Berikut ini adalah hal yang bisa kamu lakukan di Cukul Pangalengan:

  • Bisa foto momen sunrise dengan berbagai angle
  • Menikmati keindahan perkebunan teh PTPN VIII
  • Bisa bermalam di sini dengan camping atau mendirikan tenda di kawasan Cukul Pangalengan
  • Camping di sini bisa menggunakan tenda yang kamu bawa sendiri
  • Jika tidak bawa tenda, maka ada jasa penyediaan tenda
  • Melihat bintang-bintang yang indah di malam hari
  • Kamu juga dapat memfoto Galaksi Bima Sakti (Milky Way) dari tempat ini


Cara Pergi ke Cukul Pangalengan

Perlu diketahui, jarak antara kota Bandung dan Pangalengan yakni sekitar 50 kilometer. Jika berdasarkan pada waktu tempuh, maka butuh waktu sekitar 2 jam dari kota Bandung ke Pangalengan dengan menggunakan kendaraan roda dua.


Jika pakai kendaraan roda empat, maka tentu akan membutuhkan waktu yang lebih lama dari 2 jam. Saran saya, sebaiknya kamu gunakan roda dua kalau ingin pergi ke sana.


Saat tiba di lokasi dekat Cukul Pangalengan, kamu diharuskan berjalan lagi dengan melewati jalanan yang banyak batunya. Makanya, sebetulnya tempat Cukul Pangalengan cocok untuk kamu yang hobi naik gunung tapi tidak punya waktu banyak.


Harga Tiket Cukul Pangalengan

  • Tiket masuk: Rp 10 ribu per orang.
  • Tarif Parkir Motor: Rp 5.000
  • Tarif Parkir Mobil: Rp 10.000


Jam Buka Sunrise Point Cukul Pangalengan Bandung

  • Senin-Kamis buka pukul 05.00-18.00
  • Jumat-Minggu buka selama 24 jam

Jadi bagi kamu yang ingin bermalam di sana, datanglah pada Jumat sore untuk bisa menikmati sunrise pada Sabtu subuh. Atau kamu juga bisa datang Sabtu sore, lalu bermalam dengan camping di sana, kemudian menikmati sunrise di Minggu subuh.

LihatTutupKomentar