Paket Wisata Tanah Toraja Traveling



 

Kabupaten Tanah Toraja  adalah andlan parawista di Provinsi Sulawesi Selatan. Di sini tinggal suku toraja yang mendiami daerah pegunungan dan mempertahankan gaya hidup yang khas, yaitu Austronesia asli dan mirip budaya nias. Tanah Toraja  di kenal sebagai  Land The Heavenly King  karena budayanya sangat unik  dan pemndangan alamnya yang indah.


Transportasi

Untuk sampai ke tanah Toraja, Kita harus melewati Makassar.  Maskapai penerbanagan yang melayani  jalu penerbangan ke Makassar  dari kota-kota besar seperti Jakarta  di antaranya Garuda Indonesia,  Air Asia, Lion Air, Merpati dan Sriwijaya Air. Umumnya,  harga tiket dari Jakarata ke Makassar Rp. 500.000 hingga Rp 800.000.

Dari bandara  Hasanudin Makassar, kita bisa menuju bandara Pongtiku Tana Toraja dengan mengunakan maskapai Dirgantara Air Sirvice (DAS) yang mengoprasikan  pesawat  jenis casa 212 dengan kapasitas 24 orang harga tiket. Hatga tiketnya relatif murah  karena di subsidi oleh pemerintah  Tana Toraja, yaitu sekitar  Rp 208.000 adapun jadwal penerbangan  Makassar –Toraja dan sebaikanya adalah sebagai berikut:

Dari Makassar ke Toraja
Selasa
    
12.00 Wita
    
13.10 Wita
Kamis
    
12.00 Wita
    
13.10 Wita
Jumat
    
09.30 Wita
    
10.35 Wita

Untuk informasi tentang layanan  pesawat Das , Kita Bisa Menghubungi  Info Pesawat  di Nomor 0411 555 774, 21785, 22277, 25111.

Dari  Makssar ke Tana Toraja  juga bisa di tempuh dengan perjalanan darat  jarak sekitar 350 km ini memkan waktu 8 hinga 10 jam perjalanan , untuk melakukanperjalanan darat kita bisa melakukan sewa mobil  dari bandara Hasanudin dengan tarif sebesar Rp 550.000 atau dengan tarif Rp 80.000 hinga Rp.100.000 dengan naik bus.


Jadwal keberangkatan bus  pagi atau  malam. namun, jika, tidak ada kita harus  menujn treminal antar kota Makassar mengunakan taksi dengan ongkos Rp 50.000 .bus dari maksara ke Tana Toraja sangat bersih dan nyaman . namun perlu  diketahui bahwa perjalan yang lama ini membutuhkan Fisik yang sehat.

Di Dalam Kota

Untuk berkeliling objek-objek wisata, kita sebaiknya menyewa mobil. Mobil bisa kita sewa dari Makassar atau  Toraja. Tarif sewa mobil di Makassar (sudah temasuk,sopi, BBM) Rp. 550.000 perhari. Namun ongkos ini sedikit mahal  di Toraja,  yaitu sekitar Rp. 600.000 perhari. 


Karena belum mengenal medan , kita sebaiknya menyewa pemandu Lokal, kita akan memperoleh objek-objek wisata hinga detail. Informasi tentang pemandu Loka kita bisa dapatkan di tempat hotel  kita menginap dengan tarif Rp. 100.000 hingga Rp. 150.000 perhari.

Penginapan

  • Hotel Sahid Toraja: Jl Raya Gettengan  1 Mengkendek  sulawesi selatan , telp 0423 22444, fax 042322167
  • Luta Resort Toraja: Jl dr Ratulangi no 26 rantepao, Toraja utara, telp 0423 21060
  • Toraja Misiliana Hotel: Jl Pongtiku no 27 rantepao,Tana Toraja, telp 423 21212
  • Hotel Marante Toraja: Jl Kurusan Palopo Po Box 52,  Rantepao, Sulawesi Selatan , telp 423 21616
  • Toraja Haritage Hotel: Jl Kate Kusu , PO BOX 80 Rantepao Tana Toraja, Telp 423 21192

 

Tempat Makan

Umat muslim harus hati-hati ketika mkana di Tana Toraja, kebanyakan makanan di Toraja tidak halal . Agar aman , kita bisa makan Coto Makassar atau makanan khas Makassar.  selain masakan Makassar  warung padang juga gampang di jumpai di sini.

Objek Wisata

Untuk berkeliling ke objek wisata di Tana Toraja,  kita sebaiknya meywa mobil. Berikut ini adalah beberpah objek wista di Tana Toraja yang menarik di kunjungi dan tidak berbayar


Upacara Rambu Solo

Upacara Rambu Solo adalah upacara kematian masarakat Tana Toraja  yang di sambut meriah  jadwal penyelenggaran acara ini  tidak pasti. Terkadang ada desa yang melakukan  upacara ini  tetapi masarakat luas  tidak mengetahuinya jadi ketika tiba di Toraja, segerah mencari  info tentang  Rambu solo. Dan kita beruntung jika bisa menyaksikan upacara ini.

Dalam masarakat toraja, upacara  pemakaman merupakan ritual  yang paling penting  dan berbiaya mahal. Semkain kaya dan berkuasa seseorang, maka biaya pemmakaman semkain mahal. Dalam agam aluk hanya keluarga mbangsawan yang  haya berhak  mengelar pesta pemakaman  yang besar . pesta pemakaman bangsawan  biasanya di hadiri oleh ribuan orang dan berlangsug beberpah hari.


Upacara pemakamana ini kada baru di gelar setelah berminggu-minggu,  berbulan-bulan  bahkan bertahun-tahun sejak kematian seseorang. Tujuannya agar seluruh keluarga yang ditinggalkan dapat mengumpulkan uang untuk menutupi biaya pemakaman.

Suku Toraja percaya bahwa kematian tidak datang dengan tiba-tiba, melainkan sebuah proses yang bertahap menuju puya (akhirat).

 

Dan, dalam masa penungguannya itu  jenazah di bungkus dengan beberpah helai kain dan di simpan di bawah tongkonan. Arwah orang mati  di percaya tetep tinggal di desa sampai upacara  pemakaman selesai, setelah itu arwah aku akan melakukan perjalanan ke puya. []

LihatTutupKomentar